Go

5 Cara Agar Belajar Bahasa Inggris Tidak Membosankan

Ditulis oleh Diah Anggraeni
Dipublikasikan pada September 29th at 2:09pm
Share :

Di fanpage facebok belajarbahasa.id banyak banget yang nanya gimana cara cepat untuk belajar bahasa Inggris. Artikel ini membahas lengkap tipsnya khusus untuk sahabat belajarbahasa.id. Sebagian orang mungkin akan mudah mempelajari bahasa Inggris karena sedari awal mereka sudah menyukai bahasa Inggris. Yap disitu kata kuncinya, kita akan mudah mempelajari sesuatu ketika kita menyukai sesuatu tersebut. Jadi tips yang pertama adalah …

1. Love it

Kunci pertama dari belajar bahasa Inggris dan bahasa-bahasa lainnya adalah menyukai apa yang akan kita pelajari. Bagi yang sudah menyukai bahasa Inggris? good! Terus tingkatkan keingintahuan lebih dalam mengenai bahasa Inggris! Bagi yang belum, yuk coba pendekatan dengan bahasa Inggris, ga ada ruginya! Ketika kita sudah suka, hal ini dapat meningkatkan rasa keingintahuan kita, jadi ga mudah bosan ketika mempelajarinya. Kalau dari awal kita sudah berkata tidak suka bahasa Inggris, bahasa Inggris itu sulit, menyebalkan, dan lain sebagainya maka itu yang akan kita temukan ketika belajar bahasa Inggris. Tapi ketika kita mencintai bahasa Inggris maka akan sangat menyenangkan ketika mempelajarinya.

 

To have another language is to possess a second soul."

- memahami bahasa lain berarti memiliki jiwa kedua -

(Charlemagne)


2. Listen to music

Nah, tips kedua ini buat kalian yang suka belajar dengan memanfaatkan kemampuan auditory (pendengaran). Coba deh dengerin musik yang berbahasa Inggris, iseng-iseng tulis liriknya dan pahami makna yang ada di liriknya! Tips ini mujarab sekali. Dari lirik lagu (meskipun ga semua lagu berpola kalimat dengan grammar yang benar), seenggaknya bisa ningkatin vocab, karena makin banyak vocabularies yang kita miliki atau kita hafal, maka semakin baik dan semakin mudah belajar bahasa Inggris.

 

❝If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his own language, that goes to his heart.❞

-Jika kamu berbicara pada seseorang dengan bahasa yang dia pahami, itu akan masuk ke kepalanya. Jika kamu berbicara pada seseorang dengan bahasa yang dia miliki, itu akan masuk ke hatinya -

(Nelson Mandela)

 

3. Watch movie

Nah, buat tips yang ini adalah cara yang asik, bagi kalian yang suka nonton coba nonton film berbahasa Inggris dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris juga. Buat yang suka banget sama gaya bicara British English, try to adapt the accent and dialect!. Misalnya kita suka banget sama aksen British, coba nonton film yang berlatar Britania Raya, seperti harry potter, sherlock holmes, atau yang terbaru conjuring 2, keluarga Hodgson juga menggunakan accent British English yang kental sekali. Jangan hanya didengarkan dan tahu artinya saja. Coba belajar diucapkan dengan aksennya. Karena, sebaiknya kita bermazhab pada satu bahasa, mau British English atau American English. Kenapa? Karena biar konsisten, beberapa kata di British English dan American English memiliki kata yang sama tapi artinya beda loh!    

 

Learning is a treasure that will follow its owner everywhere.

-belajar adalah harta yang akan mengikuti kita kemana saja-

(Chinese Proverb)

 

4. Improve your vocabularies

Terus tingkatkan kosakata bahasa Inggris kamu. Misalnya ketika jalan-jalan, nonton tv, dengerin musik, internetan, dsb. dan kamu menemukan satu kata berbahasa Inggris yang gak kamu tahu artinya. Tulis, cari tahu dan ingat! Bisa kita menuliskan di sebuah note, atau buat catatan di kertas yang kamu tempelkan di dinding. Faktanya, menulis meningkatkan daya ingat loh! Catatan yang kamu buat bisa dipisahkan menjadi beberapa klasifikasi, misalnya kata benda, kata kerja, kata sifat, dsb. Yang jelas, dibuat senyaman dan semenarik mungkin buat kamu membacanya.

 

You can never understand one language until you understand at least two.

- Kita tidak akan pernah memahami satu bahasa hingga kita memahami setidaknya dua bahasa -

(Geoffrey Willans)

 

5. JANGAN PERNAH TAKUT SALAH

Ini tips yang terakhir, jangan pernah takut salah! Mungkin ketika kamu mencoba berlatih menggunakan kemampuan bahasa Inggrismu, temanmu ada yang berkomentar, merevisi kata-kata yang kamu utarakan, menertawakanmu, dan hal lainnya yang malah buat kamu kesel, malu, dan takut lagi kalau salah ketika menggunakan kemampuan bahasa Inggrismu. Nah, ubah mindset negatif itu dengan positive thinking. Ketika ada teman kita yang merevisi ujaran kita, anggap saja dia guru privat bahasa Inggris kita yang membantu kita untuk berbahasa Inggris dengan benar. Justru jangan sia-siakan kalau kita punya temen yang kaya gini. Ambil ilmunyaaa…

Intinya, ketika akan menggunakan bahasa Inggris, jangan takut salah! Perbanyak latihan berbicara, latihan menulis, mendengarkan, membaca, dsb. Practice makes perfect guys.

Ini semua cara yang penulis lakukan untuk belajar bahasa Inggris. Ingat, kata kuncinya adalah belajar, belajar adalah proses dari tidak paham menjadi paham, proses dari tidak mengerti menjadi mengerti, dan proses dari tidak tahu menjadi tahu!

So, nikmati prosesnya dan terus berlatih!

 

Those who know nothing of foreign languages know nothing of their own.

- Mereka yang tidak mengetahui apa apa tentang bahasa asing tidak tahu apa-apa tentang bahasa mereka sendiri. -

(Johann Wolfgang von Goethe)

Artikel Lainnya

Cara Menyambut dan Menyebut Nama Orang Korea
Perbedaan Live, Alive, Life, dan Lives
Present Perfect Continuous Tense
Arti dan Penggunaan Kata Sumimasen (すみません) Dalam Bahasa Jepang
Istilah-istilah pada bulan Ramadan dalam bahasa Inggris
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi